Direktorat Sumberdaya Manusia (SDM) dan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University melaksanakan Program Pelatihan Service Excellence bagi Tenaga Kependidikan di lingkungan IPB University yang diadakan secara online & hybrid selama tiga hari pada hari Sabtu 28 Agustus, Senin 30 Agustus dan Selasa 31 Agustus 2021. Acara ini dihadiri oleh Dekan FKH IPB Prof. drh. Deni Noviana, PhD, DAICVIM, Wakil Dekan bidang SKP FKH IPB University Dr. Drh. Andriyanto, M.Si, dan Direktur SDM IPB University Dr. rer. Pol. Heti Mulyati, S.T.P, MT.

Dalam menyampaikan sambutan pada hari Sabtu, 28 Agustus 2021, Direktur SDM IPB University menyatakan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk program yang diberikan IPB University dalam rangka meningkatkan kapabilitas SDM.

“Memberikan kepuasan pada pelanggan dapat mendukung perbaikan kualitas pelayanan, dan juga termasuk kedalam salah satu indikator reformasi birokrasi” tambah Direktur SDM.

Pelatihan diberikan selama 3 hari yang diikuti oleh 13 Peserta dari Fakultas/Sekolah di Lingkungan IPB dan 15 peserta dari FKH-IPB University.  Pelatihan tersebut diisi dengan topik dan narasumber yang berbeda, yaitu;

  1. Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan M.Sc. (Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB University) dengan materi “Memahami Konsep Service Excellence”;
  2. Drh. Ni Made Ria Isriyanthi, PhD (Koordinator Pengawasan Obat Hewan, Kementerian Pertanian RI) dengan  materi “Meningkatkan Rasa Menghargai Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan”;
  3. Drh H Aris Ahmad Jaya, MM (ABCo Sugesti Motivatindo) dengan materi “Mewujudkan Sikap dan Keterampilan Profesional SDM IPB dalam Memberikan Pelayanan Prima kepada Pelanggan“.

Pelatihan ini dimoderatori oleh Asisten Direktur Bidang Administrasi dan Kepegawaian, Rumah Sakit Hewan Pendidikan FKH-IPB, Drh Supriyono, M.Si, PhD. Dalam pelatihan tersebut peserta tidak hanya diberikan materi, tetapi juga praktik agar pelatihan service excellence tersebut dapat terserap dan diaplikasikan dengan baik. Selain itu peserta juga diberikan tugas-tugas untuk mengaplikasikan materi yang didapat dalam praktik kesehariannya.

“Program ini sangat bermanfaat bagi tenaga kependidikan IPB University dalam rangka upaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan yang berorientasi pada kepentingan pelanggan/pengguna sehingga memungkinkan kita mampu memberikan kepuasan yang optimal. Upaya memberikan layanan yang terbaik ini dapat diwujudkan apabila kita dapat menonjolkan kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan dan tanggung jawab yang baik dan terkoordinasi.” Ujar Dekan FKH IPB University.