About SVMBS Study Programs Admission Academic Facilities Service Directory Event contact Language

Pelatihan Diagnostik

Fakultas Kedokteran Hewan IPB bekerjasama dengan Food and Agricultural Organization (FAO) menyelenggarakan pelatihan diagnostika laboratorium veteriner untuk dokter hewan dan teknisi dari Ministry of Fishery and Agriculture (MFA), Timor Leste. 

Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia MFA dalam pengelolaan laboratorium diagnostik veteriner yang sedang dibangun oleh FAO di Dilli Timor Leste.  Sebanyak 2 orang Dokter Hewan (Drh. Feliciano da Conceicao dan Drh. Maria Joana B Barbosa) dan 2 orang teknisi (Adelino da costa dan Augusta Ximenes) mengikuti pelatihan yang akan berlangsung selama 8 minggu dari tanggal 5 Januari – 26 Februari 2010 di Bagian Mikrobiologi Medik, dan Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan KESMAVET (6 Minggu) serta Bagian Patologi Departemen Klinik, Reproduksi dan Patologi (2 minggu).

Disamping mempelajari prosedur pengelolaan dan keselamatan kerja di laboratorium, mereka juga mendapatkan pembekalan teori dan praktik dalam teknik diagnosa cepat bakteri, fungi, virus dan parasit penyebab penyakit hewan penting dengan titik berat penyakit yang umum ditemukan di Timor Leste, seperti Brucellosis, Newcastle Disease, Classical Swine, Fever, SE serta penyakit potensial lainnya seperti Scabies dan Trypanosomosis.  Hal lain yang dipelajari dalam pelatihan ini adalah teknik dasar nekropsi dan pemeriksaan postmortem serta teknik pengambilan sampel untuk pemeriksaan histopatologi dan uji laboratorium lainnya