Global Health Agromaritime and One Health Collaborating Center (GHA-OHCC) IPB University menyelenggarakan Training of Trainers One Health Systems Mapping and Analysis Resource Toolkit (ToT OH-SMART) untuk akademisi IPB University, 4-5/9. Kegiatan dilaksanakan di IPB International Convention Center, Bogor.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Proyek One Health Workforce-Next Generation (OHW-NG) yang dijalankan oleh Indonesia One Health University Network (INDOHUN) yang merupakan bagian dari network SEAOHUN, dengan dukungan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta dukungan pendanaan dari USAID.

Pelatihan ini diikuti oleh para dosen dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, serta Fakultas Kedokteran di IPB University, dengan total 10 peserta. Tujuan utama dari pelaksanaan ToT OH-SMART ini adalah untuk membentuk dan mempersiapkan fasilitator di lingkungan IPB University yang memiliki kompetensi untuk menggagas lokakarya OH-SMART kepada para pemangku kepentingan sebagai langkah strategis dalam memperkuat sistem One Health secara lokal.

Para fasilitator yang telah memberikan pelatihan kepada peserta ToT OH-SMART ini adalah Prof. Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp.MK(K) yang menjabat sebagai koordinator OHCC Udayana; drh. Rama Prima Syahti Fauzi, M.Si yang menjadi Koordinator Pengendalian KLB Wabah di Kemenko PMK; dan drh. Syafrison Idris, M.Si yang bertugas sebagai Koordinator Pengamatan Penyakit Hewan di Direktorat Kesehatan Hewan Kementan.

Pada hari pertama kegiatan, peserta mendapatkan penyampaian materi yang berfokus pada ‘Konsep One Health dalam Merespons Ancaman Penyakit Infeksius Baru (PIB) dan Zoonosis’ yang disampaikan oleh drh. Rama Prima Syahti Fauzi, M.Si; ‘Implementasi One Health di Tingkat Universitas dan Peran Serta Dosen dalam Mewujudkannya’ oleh Prof. Dr. dr. Ni Nyoman Sri Budayanti, Sp.MK(K); serta ‘Operationalization of One Health and Multisectoral Collaboration‘ yang dipresentasikan oleh drh. Syafrison Idris, M.Si. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan enam tahapan OH-SMART, di mana peserta diberikan materi dan pelatihan soft-skill melalui tahap 1 dan 2 OH-SMART, serta pendahuluan tahap 3 dan 4 OH-SMART yang dibagi menjadi dua kelompok. (AP)