GHA-OHCC IPB mengadakan Class Training untuk mahasiswa anggota OHSC IPB Batch I pada Minggu, 13 Agustus 2023. Kegiatan mengusung tema “Tips and Tricks on Drafting Proposal and Budgeting” sebagai persiapan mahasiswa untuk melaksanakan Student Project. Kegiatan ini merupakan rangkaian penutup One Health Student Club IPB Batch I. Sebanyak 27 peserta ikut serta dalam kegiatan ini, sebanyak 15 di antaranya adalah anggota OHSC IPB Batch I yang berasal dari berbagai fakultas, seperti SKHB, FEM, FMIPA, FPIK, dan Fapet.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Prof. drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAVet(K) selaku Koordinator GHA-OHCC IPB dan Dr. drh. Joko Pamungkas, M.Sc selaku Wakil Koordinator INDOHUN. “Penyusunan proposal dan budget sangat penting dalam suatu perancangan proyek. Tidak hanya untuk kepentingan Student Project, namun ilmu ini juga pasti akan berguna untuk mahasiswa saat di dunia kerja nanti,” tutur Srihadi dalam sambutannya. Perencanaan student project OHSC dapat dimanfaatkan untuk mengimplementasikan konsep One Health melalui pengabdian kepada masyarakat.

“Mahasiswa OHSC yang sudah mempelajari konsep One Health perlu menciptakan suatu proyek dimana sifat kolaboratif dan peningkatan kapasitas berbagai sektor dapat terwujud. Maka dari itu, melalui kegiatan ini, mahasiswa sebagai kaum muda dipersiapkan untuk meningkatkan 4K, yaitu kolaborasi, komunikasi, koordinasi, dan peningkatan kapasitas,” jelas Joko.

Acara ini menghadirkan dua narasumber dari OHCC Udayana. Narasumber pertama, yaitu Ni Komang Semara Yanti, SKM, MPH selaku Program Development Manager OHCC Udayana yang membawakan materi tentang Tips and Tricks on Drafting Proposal. Ni Komang menjelaskan tentang persiapan, elemen dasar, dan komponen dari suatu proposal yang baik. Selanjutnya, narasumber kedua, yaitu Ni Putu Shinta Dewi, SKM, MKes, selaku Finance Officer dari OHCC Udayana membawakan materi mengenai Tips and Tricks on Budgeting. Dalam presentasinya, Ni Putu menjelaskan jenis-jenis dan komponen rancangan anggaran biaya serta bentuk laporan penggunaan dana yang benar.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktik mahasiswa OHSC merancang proposal dan budgeting. Kegiatan ditutup dengan sesi presentasi oleh mahasiswa dan feedback dari para narasumber. (AP)