Tim dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University hadiri undangan Focus Group Discussion (FGD) di Universitas Negeri Padang (UNP) pada Kamis-Jumat (3-4/8) di Ruang IPC UNP Hotel. FGD digelar dalam rangka rencana pembentukan Prodi S1 Kedokteran Hewan di UNP.

Tim SKHB IPB University dipimpin langsung oleh Dekan SKHB drh. Amrozi, Ph.D dan beranggotakan Dr. drh. Wahono Esthi Prasetyaningtyas, M.Si (Kaprodi Program Sarjana Kedokteran Hewan), Dr. drh. Sri Murtini M.Si (Kaprodi Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan), Dr. drh. Kusdiantoro Mohamad, M.Si, dan Dr. drh. Krido Brahmo Putro, M.Si.  

FGD juga dihadiri oleh Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sukarli, S.Pt., M.Si., dan Ketua PDHI Cabang Sumatera Barat drh. Wahidin Beruh dan para pemangku kepentingan yang lain.

Rektor UNP yang diwakili oleh Wakil Rektor II Prof. Ir. Syahril,  M. Sc, Ph.D menyampaikan bahwa pihak UNP akan bergerak cepat dalam mewujudkan Prodi Kedokteran Hewan di UNP.

“Kita akan berkoordinasi dan berkolaborasi sepenuhnya dengan IPB serta Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Sumbar, mulai dari menyusun naskah akademik, kurikulum, dan pembelajaran, sehingga prodi ini memiliki kekhasan dari Prodi Kedokteran Hewan yang lain,” jelas Prof. Syahril dalam sambutannya.

Kepala Dinas Peternakan Prov. Sumbar Sukarli dalam sambutannya mengatakan, “Sumbar sangat butuh dokter hewan, karena itu kita akan selalu memberikan dukungan untuk pembukaan prodi Kedokteran Hewan ini di UNP.”

Dekan SKHB IPB University menyambut baik niat UNP untuk mendirikan Prodi Kedokteran Hewan. “Sumatera Barat memiliki potensi calon mahasiswa yang besar dengan minat menjadi dokter hewan yang tinggi dari wilayah Sumatra. Berbagai faktor pendukung, tempat magang mahasiswa PPDH, rumah sakit hewan, industri peternakan, dan SDM semua tersedia dan banyak terdapat di Sumatra Barat,” ujar Amrozi dalam sambutannya.

Selama FGD, Dr. Esthi dan Dr. Sri masing-masing memaparkan kurikulum dan pembelansran di Prodi SKH dan PPDH SKHB IPB. Diskusi yang lembih mendalam dilaksanakan selama dua hari antara Tim Task Force UNP dan Tim IPB. Dalam kegiatan ini bertindak sebagai PIC Dekan FMIPA UNP Dr. Yulkifli, M. Si dan juga hadir Dekan FK UNP,  Dr. dr. Rika Susanti, SpFM(K). Salah satu usulan dalam FGD ini adalah menjadikan zoonosis dan keamanan pangan sebagai penciri Kedokteran Hewan UNP. (km)