Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP), Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University mengadakan vaksinasi rabies untuk para staf, dokter hewan dan paramedis di lingkungan RSHP (27/7). Tindakan pencegahan penularan rabies dari hewan ke manusia dapat dilakukan salah satunya melalui program vaksinasi.

Dosen dan tenaga kependidikan dari Divisi Ilmu Penyakit Dalam dan Divisi Bedah dan Radiologi telah mengikuti program ini. Beberapa dokter hewan dari klinik hewan yang lain, seperti Bobon Pet Care dan Cimanggu Pet Care juga ikut serta dalam kegiatan vaksinasi rabies kali ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penularan virus rabies yang akhir-akhir ini sedang marak terjadi pada hewan peliharaan, seperti anjing, kucing, monyet, dan hewan rentan yang lain. Direktur Eksekutif RSHP SKHB Prof. Dr. drh. Gunanti, M.S menyambut hangat kehadiran para peserta penerima vaksin rabies. Para peserta yang telah divaksin mendapatkan sosialisasi cara penanganan pertama jika terkena virus rabies oleh perawat dan tenaga kesehatan dari PT BioFarma. Sosialisa juga menjelaskan tentang cara mencegah kemungkinan penularan virus rabies ini pada saat berhubungan atau bekerja dengan hewan-hewan (pasien) yg bisa menularkan rabies. (AP/KY)