Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University melepas Petugas Pemeriksa kesehatan Hewan dan Daging Kurban, pada (23/06). Sebanyak 276 mahasiswa sebagai petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban terdiri dari mahasiswa Program Sarjana, Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH), Pascasarjana, dokter hewan yang baru lulus, dosen SKHB IPB University.

Para petugas dilepaskan oleh Rektor IPB yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof drh Deni Noviana, PhD, DAiCVIM di Ruang FKH A. SKHB IPB University menerjunkan tim pemeriksa ke beberapa titik wilayah di daerah Kabupaten Bogor, Kota Depok, dan Provinsi DKI Jakarta. Pemeriksaan dilakukan bekerja sama dengan petugas dari dinas setempat.

Kegiatan pemeriksaan kali ini terasa lebih khusus karena pemeriksaan dilaksanakan dalam kondisi kejadian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD), serta kewaspadaan terhadap Peste de Petits Ruminants (PPR). Prof Deni menghimbau para petugas untuk lebih jeli, sehingga ketiga agen penyakit ini tidak semakin menyebar.

Idul Adha merupakan hari raya bagi pemeluk agama Islam di seluruh dunia. Dalam perayaan hari besar tersebut terdapat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Berbagai aspek seperti pemilihan hewan kurban, higiene, sanitasi, kesejahteraan hewan, dan penangan daging kurban perlu diperhatikan.

Menyikapi kondisi kurban yang challenging di tahun ini, pimpinan SKHB telah membekali para petugas pemeriksa dengan pengayaan materi kesejahteraan hewan, penanganan daging, dan penyegaran/peningkatan teknik pemeriksaan antemortem serta postmortem (sebelum dan setelah kematian hewan).

Melalui berbagai pelatihan ini, Dekan SKHB, drh Amrozi, PhD berharap bahwa petugas pemeriksa lebih siap menjadi katalisator dalam penyelenggaraan kurban yang sehat, halal, berkah, dan tidak menjadi ajang penularan penyakit.

Lebih lanjut, Dekan SKHB juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perikanan Dan Peternakan Kabupaten Bogor; Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bogor; Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok; Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta; Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB; dan seluruh pihak yang telah berkenan mendukung kegiatan ini. (AP)